Kurikulum Pendidikan

Jadwal Belajar 1 Pekan

  1. Madrasah Diniyyah
  2. PKPPS (Pendidikan Kesetaraan)

 

Program ini terdiri dari beberapa program kelas, yakni :

KELAS REGULER

santri diwajibkan menyetorkan hafalan Al Qur’an nya minimal ½ halaman dalam satu hari selama 2 tahun. Adapun tahun ketiga setoran hafalannya meningkat menjadi 1 halaman dalam satu hari. Sehingga diharapkan pada tahun ketiga santri tersebut mampu menyelesaikan setoran hafalan nya sebanyak 30 juz.

KELAS TAKHASSUS

adalah program khusus untuk santri yang mempunyai kemampuan diatas rata-rata. Pada program ini santri diharapkan mampu menyelesaikan hafalan Al-Qur`an dalam rentang waktu 10 bulan sampai maksimal 18 bulan atau satu tahun 6 bulan. Untuk setorannya, setiap hari wajib menghafal minimal dua halaman.

KELAS MUTHQIN

adalah program lanjutan dari program reguler dan program takhossus yang memfokuskan pada penguatan hafalan santri. Selain itu santri juga diajarkan “pendalaman” ilmu-ilmu diniyyah atau `Ulum Assyar`iyyah dan ilmu kemasyarakatan.

 

Madrasah Diniyyah & PKPPS

MADRASAH DINIYYAH

Selain santri dibekali dengan tahfidz 30 juz, untuk bekal kembalinya santri ke masyarakat pasca menjalani pendidikan di pondok pesantren tahfidz Nurul Qur’an, santri di bekali dengan penguasaan ilmu-ilmu syariah serta disiplin ilmu yang lain seperti Ulumul Qur’an, Hadits, Tauhid, Akhlak, Siroh Nabawiyah, Shorof Nahwu dan lain lain. Jenjang pendidikan madrasah diniyyah adalah 6 tahun terdiri dari tingkat I’dad 3 tahun dan `Ulya 3 tahun. Materi pelajaran yang diajarkan pada jenjang madrasah diniyyah adalah Hadits, Tajwid, Fiqih, Akhlak, Tauhid, Bahasa Arab, Ilmu ‘Imla dan Nahwu.

 

PKPPS (Program Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah)

Untuk memenuhi kebutuhan santri dalam hal pendidikan formal, maka PTNQ menyelenggarakan Pendidikan Kesetaraan yang berada dibawah lingkup Kementrian Agama yaitu Program Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyyah. Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Qur’an telah mendapatkan izin operasional penyelenggaraan Pendidikan kesetaraan dari Kementrian Agama dengan nomor : ………………………………… serta telah mendapatkan Nomor Pokok Statistik Nasional (NPSN) dengan nomor : ………… Dengan NPSN tersebut PTNQ memiliki hak untuk menyelenggarakan Ujian Nasional secara mandiri. Jenjang program PKPPS yang diselenggarakan di PTNQ terdiri dari 2 jenjang yaitu :

  1. Tingkat Wustho ( SMP)
  2. Tingkat Ulya ( SMA)